Category: working life

Hujan & Camping (lagi)

Nggak terasa ya udah hari senin lagi, perasaan kemarin baru hari selasa *loh*. Minggu kemarin itu liburnya lumayan loh, dapat ekstra libur hari Jumat, karena pas sama perayaan Jumat Agung, menjelang Paskah. Buat kita yang nggak merayakan itu tandanya dapet long weekend…..horeeee:)

Kemarin kita teuteup keukeuh ke Bogor, wilayah Ciapus, tapi barengan sama temen2 kantor si ayah. Nginepnya di daerah Buniaga. Senengnya bisa liburan rame2 begini, apalagi banyak yang seumuran sama Bhima, jadi nambah teman baru deh Bhima 😉

tema liburan kemarin adalah…..Main Air. Buat Bhima dan krucil yang lainnya, mereka happy banget karena puas berenang rame2, dan klo Bhima dapet ekstra main hujan2an pake baju fireman lengkap sama boot & payung *klo yang ini emang si ibuw yg niat bawa dari Jakarta* ^^v

image

Berhubung kali ini acara kantornya si ayah, dan kebetulan si ayah yang kebagian ngurus semuanya, jadilah kita (ibuw & Bhima) asik2 b2an aja. Sampe pas giliran udah malam, dan udah ada pembagian tempat tidur, tiba2 Bhima ada request ajaib: “ayah, Bhima mau bobo di tenda aja” #eeaa anaknya minta bobo di tenda.

Syukurlah ada teman si ayah yang bawa tenda, karena tenda yang disiapkan pihak villa udah basah sampai ke dalam2nya gara2 kehujanan. Naaah…untuk mengakali supaya tidur di tenda tetap nyaman dan terbebas dari lantai yang lembab, si ayah punya ide bikin tenda di saung villa…dan voila, Bhima pun happy. Kita ber3 tidur di tenda dengan nyenyak dan nyamannya sampai pagi^_~ makasih buat Babeh, Romi & Pak Iwan yang udah bantu mendirikan tenda. Yeaaay….camping ala2 lagi.

image

Alhamdulillah semuanya happy. Meskipun si ayah yg jadi panitia lumayan sibuk & pusing, tapi karena temen2 & boss2 yg pada kooperatif plus si enyak-babeh-romi-ita jadi pasukan dapur yang solid, acara berjalan lancar dan menyenangkan. Semoga di lain waktu bakal ada acara seru asik kayak gini lagi. Makasih semuaaa;) Ini kita upload video @Buniaga Ciapus Bogor semoga bisa ditonton yaaa:)

Advertisements

Ibuw’s giant leap

Ada quote Nelson Mandela yang bagus: “The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear.”

Mungkin kali ini si ibuw bisa dibilang brave man *halah, pengen banget dibilang gitu* :p

Kenapa begitu? karena pada dasarnya si ibuw paling cemas & takut klo harus ngomong di depan orang banyak dan ngomong pake microphone. Tapi pada kesempatan kali ini, si ibuw pake modal percaya diri, setelah udah terlanjur ditunjuk pak bos dan nama udah masuk ke dalam brosur, akhirnya si ibuw ngomong di depan banyak orang + pakai microphone…si ibuw jadi jagoan walow durasinya cuma 30 menit :p

Alhamdulillah… giant leap nih kasih paparan di Competency Development towards AEC 2015, tentang tren sertifikasi kompetensi. Sesekali narsis kan ga dosa yaaa:p *abaikan pipi tembem sayah*

Sharing ilmu yang dimiliki selama ini, dan Alhamdulillah terasa setelah kasih paparan, ternyata banyak yang tertarik, bahkan ajak diskusi. InsyaAllah yang disharing bermanfaat buat banyak orang;)

Naaah, ada quote bagus juga nih dari Dale Carnegie yang bisa jadi reminder buat si ibuw klo disuruh ngomong di depan banyak orang lagi:  “Inaction breeds doubt and fear. Action breeds confidence and courage. If you want to conquer fear, do not sit home and think about it. Go out and get busy.”

Have a great day everyone 😉

[Weekend] ke Pulau Harapan

Hihihihi, ketauan banget malem ini si ibuw kurang kerjaan banget, kejar tayang posting cerita di sini, gara2 kelamaan ga nulis2>_<

Sabtu & minggu kemarin, si ibuw ga liburan bareng Bhima & si ayah, kenapa? Karena si ibuw jalan2 sama temen2 kantor ke Pulau Harapan, di Kepulauaan Seribu.

Temen si ibuw yg jadi EO nya. Kita berangkat ber-14 orang, pake tour nya SimPink klo ga salah namanya.

Asik banget liburannya, di deket Jakarta ternyata masih ada laut, pantai yg masih bersiih, dan indah banget ^_~

Perjalanan dimulai dengan kumpul di Pelabuhan Muara Angke, karena berangkatnya dari situ. Abaikan yaaa aroma kurang sedap + becek + ramenya area ini, namanya juga pelabuhan & pasar ikan:D

Kita duduk di dek atas, rame2. Perjalanan pake kapal mesin ini kira2 3 jam deh waktu tempuhnya, tapi klo brgkt dari marina ancol, mungkin cuma 1 jam, tapi dengan harga yang lebih mahal pulak.

searah jarum jam: (1) pemandangan sepanjang perjalanan (2) rombongan lenong yang berangkat (3) ceritanya si ibuw lagi jadi model (4) gerbang Pulau Harapan

searah jarum jam: (1) pemandangan sepanjang perjalanan (2) rombongan lenong yang berangkat (3) ceritanya si ibuw lagi jadi model (4) gerbang Pulau Harapan

Sampe di Pulau Harapan, kita disambut sama si Masmas yg dari SimPink tour, trus kita ke cottagenya. Tempat nginepnya sederhana, terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tv, 2 kamar mandi & dapur (tanpa kompor), dan AC. Yang disuka adalah: kamar mandinya bersiiih, airnya berlimpah. Abis itu, kita disuguhin sirup jeruk dingin & makan siang.

Kelar makan dan unpacking barang, kita lanjut naik perahu ke spot buat snorkeling. Iya, siang2 bolong gitu, pas matahari lagi mentereng banget di atas kepala, kita naek perahu kayu bermesin ke tengah laut. Yang pertama klo ga salah ke deket Pulau Gosong, bagusss bangeet di sini, terumbu karang & ikan nya kelihatan jelas banget, tapiiii…banyak bulu babinya, jadi harus hati2 berenang di area ini.

Puas snorkeling dari situ, kita lanjut ke spot yang dekat Pulau Bira, dan di sini…Subhanallah baguuuusss bangeeettt, perairannya sangat dangkal, kayaknya cuma sedada dewasa deh, trus pasirnya putiiiih bersiiih, dan ga banyak karang, agak ke situ-an dikit (maap si ibuw ga bisa deskripsiin dengan benar), terumbu karangnya lebih berwarna warni, dan ikannya juga banyaaakkk, macam kita diajak renang di aquarium aja gitu^▽^

Cape berenang dari situ, plus udah rada gosong yaa nih muka, kita pun berlabuh di Pulau Bulat, untuk nikmatin sunset. naah, di Pulau ini ya ada yg jualan makanan, cuma 1 warung tapinya. Sayang banget sunsetnya ga keliatan, krn mataharinya ketutup awan, etapi kita sama sekali ga kecewa, karena kita udah cukup happy sama pengalaman kita snorkeling di dua spot sebelumnya.

snorkeling

(1) snorkeling di Pulau Bira (2) walow gosong tetep gaya (3) nungguin sunset yang ga kunjung terlihat

Abis itu yaaa, balik ke cottage, udah disuguhin makan malam. Berhubung mandinya antri, jadi sambil nunggu giliran kita pun makan. Iih namanya liburan ya, kita udah kenyang makan malem, trus disediain ikan bakar juga loh jam 9an malem, bakarnya di pinggir pantai, plus disiapin sambel kecap. Alhamdulillah, nikmat banget.

Besokannya, pagi2 jam 5.30 pagi, kita jalan2 deh ke area kantor kecamatan Kepulauan Seribu, lokasinya ga jauh dari tempat kita nginap, bagusss banget pemandangannya, untuk ukuran jarak yang lumayan dekat dari Jakarta, pemandangan yang kita lihat nih langka banget lah untuk kesibukan Jakarta. Trus kita dapet sarapan deh, walow cuma kue onde2 & roti goreng + Teh manis hangat, itu tuh udah lebih dari cukup buat kita (soalnya kita sarapan mie goreng instan juga di taman terpadu Pulau Harapan) 😀

sunrise

(1) sunrise di perbatasan Pulau Kelapa & Pulau Harapan (2) Kaki yang tetep pengen narsis :p

Pagi itu jadwal kita jam 8an seharusnya adalah main banana boat, tapi berhubung kapal yang narik rusak, dan kita juga udah lebih happy dengan leyeh2, jadilah kita batalin rencana maen banana boat, dan diganti dengan…tidurrrr :)) Trus jam 11 siang kita mulai siap2 untuk balik ke Jakarta. Udah disiapin makan siang pulak (dikotakin), buat kita. Jam 11.30 kita langsung jalan ke dermaga, karena jam 12 harus udah kumpul untuk naek kapal ke Jakarta lagi. Dan kali ini kita ga dapet duduk di dek atas, akhirnya di dek bawah….gerah euy *tapi ga terlalu berasa karena sepanjang perjalanan kita semua tidur, baru kebangun kira2 30 menit menjelang berlabuh*

Overall acara weekend bareng temen2 kantor ini sangat menyenangkan, apalagi biaya liburannya yang cukup terjangkau, 350rb doang, all in, asik kan;)

Alhamdulillah, ada pengalaman baru, dan dapet suasana baru juga. Kayaknya masih banyak pulau pulau di wilayah Kepulauan Seribu yang wajib dikunjungin nih:)

Kelas Inspirasi Depok

“Langkah menjadi panutan, Ujar menjadi pengetahuan, Pengalaman menjadi Inspirasi” – kelas inspirasi

Alhamdulillah banget, tanggal 18 Juni 2013 yang lalu, Selasa, si ibuw dapet kesempatan untuk ikutan jadi relawan mengajar di Kelas Inspirasi, sebuah program dari Indonesia Mengajar. Sebelum ngajar, ada waktu briefing dulu di tanggal 8 Juni *yang mana waktu itu si ibuw masih di Jogja krn ada training*, jadinya ga bisa ikutan briefing deh. Ibuw kebagian di kelompok 4, yang akan ngajar di SDN Kramat Beji Depok. Naaah, di tanggal 15 Juni, Sabtu, kelompok si ibuw ini ada observasi dulu deh ke SDN yang bersangkutan. Seneng banget hari sabtu itu, meski si Ibuw sempet nyasar pas janjian di st. Depok, Baru, tapi akhirnya hari itu jadi hari yang berkesan banget.

Kelompok 4 ini diketuai oleh Mba’ Erna, konsultan hrd, trus ada Ajeng yang banker & novelis, Ayu sang geologist, Meylin si arsitek & interior designer, dan ada Sonia asisten dosen teknik kimia. Aselik deh, walow kita b6 ini perempuan semua, ramenya paraahhh, dan rasanya kayak udah kenal lama banget, akrab dan bisa nyambung:) oiya, ada fotografer kelompok kita, Mba’ Gusti namanya, dan sang videografer si Mas Irham. Kelompok ini pun punya fasilitator, namanya Gilang.

Hari H tgl 18 Juni itu moment yang paling ditunggu2 sama kita semua, kenapa? karena itu adalah hari di mana kita sharing tentang apa yang kita kerjakan sehari-hari ke adik2 SD, supaya mereka terinspirasi dengan profesi kita, dan jadi lebih tau dengan pekerjaan yang ada selain polisi – dokter – pilot – guru, dll.

Tantangan paling berat buat si ibuw ini adalah, gimana caranya ngejelasin ke adik2 SD tentang profesi Program Dev. Consultant…gimana caranya ngejelasin ada segmentasi – targeting – positioning, apa itu merek, dll. Tapi Alhamdulillah, kelas berjalan lancar padahal banyak yang nangis di dalam kelas gara2 berantem sama temen2nya  Ada moment dimana si ibuw happy – bingung – ngakak…warna warni yang beda banget dari keseharian yang biasa dijalanin di kantor, warna warni yang kasih makna baru buat si ibuw.

Tadinya si ibuw sempet ngerasa kita ini yang akan memberi inspirasi ke adik2 SD yang kita ajar, tapi ternyata nggak kayak gitu…justru mereka lah yang menginspirasi si ibuw, bahkan temen2 di kelompok 4. Terharu banget waktu kita semua denger celotehan2 dan pertanyaan2 yang polos dari mereka, rasa ingin tahu yang besar, semangat yang keliatan banget pas proses sharing di kelas berjalan.

Kita pun sepakat bahwa di akhir kegiatan, akan nerbangin balon yang merupakan analogi dari cita-cita, yang digantungkan setinggi langit. acara ini seru banget, meski sempet ada insiden kecil berupa rebutan balon di antar murid sd itu, tapi akhirnya berjalan dengan baik, dan seru:)

ini balon yang diterbangin yang menyimbolkan cita-cita

ini balon yang diterbangin yang menyimbolkan cita-cita
photo courtesy of Mba’ Gusti:)

Ibuw jadi inget, gimana waktu ibuw isi form aplikasi untuk jadi relawan di kelas inspirasi ini, apa yang jadi visi ibuw, alasan kenapa si ibuw pengen banget terlibat di aktivitas ini. Tadinya ibuw berpikir bahwa ini untuk ibuw jadikan contoh dan bahan cerita ibuw ke Bhima nanti, betapa gimana pun juga kita memang harus berani bertindak meski hal kecil, menjadi solusi kecil di tengah kekusutan, tapi ternyata….ini bukan tentang Bhima, tapi ini tentang anak2 Bangsa ini, tentang masa depan negeri ini…tentang bagaimana si ibuw mau mengambil peran kecil yang semoga bisa memiliki arti…*duh jadi mau mewek*

hal yang berkesan banget:)

Tapi beneran deh, si ibuw belajar banyak hal banget di Kelas Inspirasi ini, makasih ya Ibu Muhaya, Pak Iskandar, Ibu Wahyu, dan seluruh Bapak Ibu Guru SDN Kramat Beji, karena kita diberi kesempatan untuk belajar banyak hal. Makasih untuk Bapak Ibu guru si ibuw, dari jaman tk – sd – smp – sma dan para dosen kuliah undergraduate – postgraduate….jasamu tiada tara *hymne guru*

Makasih Pak Anies Baswedan dengan Indonesia Mengajar nya, yang udah bikin program ini…yang bikin kita semua, khususnya si ibuw yang jadi lebih melek dengan kondisi yang ada sekarang ini, yang kita ….Think big – start small – act now

Temen2 kelompok 4 smuanyaaa…I heart you so much…. ^_^V

[nggak] jalan2 di Jogja

Kayaknya emang bener nih, si ibuw setiap mau posting, selalu aja telaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttt bangeeeeeeeeeeeeetttt *sengaja dipanjangin untuk mendramatisir kesan lamanya*

Kali ini yang mau diceritain adalah waktu si ibuw ditugasin untuk ikut training di Jogja, yang mana trainingnya itu dari tanggal 4 – 8 Juni kemarin. Lalu, si ibuw pun menggalau, secara kepikiran gimana caranya ini klo ke jogja, lalu Bhimbhim di Jakarta? bagaimana iniiiih? *efek music dramatis* Selama ini kan si ibuw kalo pun harus ada urusan ke luar kota, diusahain ga sampe nginep2, bahkan waktu akhir tahun kemarin pun pas ada meeting di KL, si ibuw sengaja pesen flight paling pagi, dan balik dari KL pake flight paling malem, demi ga nginep…supaya bisa ga lama2 jauh2an sama Bhimbhim…

Setelah mikir beberapa hari, akhirnya si ibuw pun diskusi sama si ayah…daaaannn….kita pun sepakat untuk ajak Bhimbhim ke Jogja, sambil pastinya ngajak Eyang Ti & si Enyak…horeeeeee…Alhamdulillah. Kebetulan juga si ayah kerjaannya kemarin itu lagi rada bertubi2, jadi emang pasti bakal pulang malem mulu, ya udah, si ayah pun ngalah harus jauh2an sama ibuw dan Bhimbhim.

…dan ini adalah pengalaman pertama si jagoan cilik ini naek pesawat, karena emang belum sempet2 juga buat kita liburan keluarga yang ke luar kota yang rada jauhan, selama ini paling jauh ke Demak – Solo – Semarang *itupun acara mudik ya, naek mobil*.

Alhamdulillah Bhimbhim happy waktu tau mau naek pesawat *duh maafin ayah ibuw yang emang kelamaan nunda2 acara jalan2nya ya naaakk*

Selama di Jogja pun akhirnyah Bhimbhim – Eyang Ti – Enyak ga kemana2 selaen jalan2 di sekitar hotel…dan plaza Ambarukmo, secara si ibuw training dari pagi jam 8 – 10 mlm, dari hari selasa – jumat. Untungnya pas hari Sabtu trainingnya kelar jam 12 siang, jadilah kita jalan2;) Etapi ga langsung bisa jalan2 donk, secara tiba2 jogja ujan deressssss, kayak ngelarang kita buat keluar hotel, padahal kan kita udah check out aja gitu donk dari jam 1. Kita pun baru bisa jalan2 jam 3 sore, yang mana jdwl flight balik ke Jakarta itu adalah jam 8 malem.

Sempetnya cuma jalan2 ke Mirota Batik doang, plus cari oleh2 Bakpia. Bhimbhim udah kadung kecapean nunggu ujan reda kayaknya, jadi pas jalan2 di Malioboro pun udah rada cranky krn ngantuk paraaahhh.

Akhirnya kita pun jalan2 sebentar lah di jogja, ngerasain jadi turis yang lagi liburan, walow cuma sekitar 3 jam aja, dari waktu 6 hari yang dipunya sejak Senin – Sabtu di Jogja…fiuh…*elap keringet*

dari kiri atas (searah jarum jam): (1) Bhima yang ketiduran pas flight ke Jogja, (2) di Mirota Batik yang ada show batik tulis, (3) Flight ke Jkt penuh lampu, (4) Bareng Om Capt Pilot & Co Pilot:)

Alhamdulillah training si Ibuw sukses & lancar, Bhimbhim – Eyang Ti – Enyak sehat semua & happy. daaannn…pas balik ke Jakarta, Bhima sempet foto donk sama Om Capt. Pilot & Co.Pilot nya Batik Air, dipinjemin topinya pulak….makasiihhh para oom pilot di situ:)

yaaaah, semoga lain waktu jalan2nya bisa lebih puas lagi yaa, makasih Bhima – Eyang Ti – Enyak, yang mau nemenin si ibuw ini training;)

sebab – akibat

sebab - akibat

sebenernya postingan ini gara2 abis baca tips The Daily Post wordpress:D

Perintahnya di situ dibilangin untuk pilih satu keyword utk dimasukin di google, cari yg gambar, gambar ke-11 yang diposting.

Nah, tadi si ibuw keyword nya: work life cartoon, eh dapet gambar ini deh. Klo dr respon cepet si ibuw lgsg mikir ini yg namanya sebab – akibat tentang apa yang kita kerjain di kantor 😀

Mungkin ini juga buat reminder sih, gimana seharusnya kita terhadap apa yang kita kerjain 🙂

heheheh, yuuk mariii 🙂

Mohan Sawhney – seminar

Seperti yang udah dijanjikan di postingan 2 hari yang lalu sebelumnya, sekarang giliran sharing tentang seminar yang si Ibuw sempet ikutan tanggal 3 Juli 2012.

Seminar sehari ini menghadirkan pembicara Mohan Sawhney , klo dari yang si ibuw denger2 nih, katanya he’ll be the next Philip Kotler, itu loh the Father of Modern Marketing. Yang jadi bahasannya kali ini adalah tentang inovasi teknologi & pemasaran. Ngerasa beruntung banget bisa ikut acara ini:)

Mohan Sawhney yang pake sorban tuh lg share sesi ke-3

Di sesi pertama si Mohan Sawhney ini (sok akrab bener deh gw) membahas tentang inovasi, nggak cuma ngejelasin tentang apa itu inovasi, tapi juga nge-jabarin 12 vectors of innovation + application of innovation radar. Apa sih 12 vectors of innovation itu? kalo dari yang dijelasin, dan dari yang sepemahaman si ibuw, 12 vector itu terbagi ke dalam 4 kuadran, ini ya jabarannya:

  • Offerings: Product innovation, Platform innovation, Solution innovation
  • Customer: Customer innovation, Communication innovation, Interaction innovation
  • Operations: Process innovation, Value Capture innovation, Management innovation
  • Partnership: Ecosystem innovation, Channel innovation, Supply Chain innovation

Naaah, kalo aplikasi dari innovation radar, sebenernya ada gambar-gambarnya gitu, based on 12 vectors of innovation ini yang udah ada kuadrannya. Jadi kita kayak bikin [dot] [dot] gitu di axis yang dibuat, jadi gambarnya menyerupai jaring laba2 gitu. Sebenernya fungsinya dari innovation radar ini adalah untuk membantu: visualize, align, brainstorm, benchmark & prescribe.

Di sesi kedua, lebih ngebahas tentang new frameworks of marketing, penjelasannya hampir sama deh sama 9 elemen pemasaran-nya Pak Hermawan Kartajaya, tapi ini mungkin versi yang terlihat lebih complicated, padahal menurut ibuw esensinya sama 😀 *please correct me if i’m wrong* :p

Nah berhubung pasar di Indonesia ini mayoritas adalah kelas menengah, makanya di sesi ketiga yang dibahas adalah tentang marketing for emerging market. Sesi ini menurut si ibuw menarik banget, kenapa? karena ada 2 case studies yang dishare, yaitu tentang Tata group di India, & Casa Bahlia di Brazil. Ini bener2 kayak ngasih insight  baru ke si ibuw yang tingkat keilmuannya masih di bawah rata2 :p

Trus, di sesi terakhir kayak mau nge-wrap up semua gitu deh ya, jadi ngebahas tentang collaborate and engage: marketing in a digital world. Overall, sukaa sama seminarnya, walow ngertinya setengah2, at least ada knowledge baru yang didapat kan 😀

Apalagi setiap akhir sesi, ada insight2 juga dari Pak HK, jadilah bahasannya lebih membumi ke bahasa yang si ibuw pahamin.

Mudah2an sharing-annya ini bermanfaat yaaa…moga2 ada seminar kayak beginian lagi, supaya bisa dishare lagi;)

Have a great day everyone!