Semangat Berbagi Sejak Usia Dini

fotonya dapet dari pinterest *lupa link nya apa, maaff*

 

Faith in humanity restored❤️❤️ semangat berbagi untuk sesama memang harus ditanamkan sejak usia dini😊🙏👏👏👏👏

ceritanya tadi abis liat2 pinterest, trus ada yang nge-pin ini, langsung kayak ditabok bolak balik deh bacanya. Namanya kita ya baru jadi orangtua, anak baru 1, euforia itu pasti ada. Hal sepele aja, mulai dari cerita ini itu tentang tumbuh kembang anak (eh ketabok lagi deh), berusaha provide segala macam kebutuhannya dari mulai kebutuhan ruhaniah sampe jasmaniah. Tapi…kadang kita lupa bahwa kebutuhan yang kita upayakan untuk selalu terpenuhi  itu salah satunya adalah kebutuhan anak untuk merasakan bahwa dirinya ada di dunia ini juga untuk bisa memberikan manfaat untuk orang lain, sebagai makhluk sosial, yaitu kebutuhan untuk saling berbagi.

Iya, berbagi dengan sesama menurut kita adalah salah satu kebutuhan manusia, termasuk anak2. Makanya, pin gambar di atas ini jadi salah satu reminder buat kita sebagai orangtua supaya ga terlalu terlena untuk selalu memenuhi kebutuhan anak hanya sebagai makhluk individu, tapi harus juga sebagai makhluk sosial. Dan tentunya hal utama yang harus ditanamkan adalah: Ketaqwaan anak kepada Allah SWT, dan kecintaan anak kepada Rasulullah SAW, karena gimanapun juga setiap kita dan anak2 kita adalah khalifah di dunia ini, yang pada akhirnya semuanya akan kembali kepada Sang Khalik *duh bahasannya jadi berat yak malem2 begini*, kan ada ya kalimat yang bilang begini: sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi orang lain 😇

Tapi beneran loh, kemauan anak untuk berbagi emang penting banget, karena itu adalah bagian dari sifat Kasih-Sayang. Bisa dimulai dari hal yang kecil, misal sharing mainan, nawarin makanan, dll. Dan untuk bisa menanamkan hal itu ke anak2, adalah dengan cara kita sebagai orangtua bisa menunjukkan rasa bersyukur terhadap apa yang kita punya; klo kita nya udah bisa konsisten nunjukkin rasa bersyukur, merasa semuanya sudah tercukupi, Insya Allah anak akan meniru, dan akan ngerasa bahwa yang dia punya juga sudah cukup, jadinya nantinya mau berbagi deh….*idealnya kan caranya semudah itu ya* 😁

Jadi PR nih sekarang buat si Ayah sama si Ibuw untuk bisa mulai ngajarin yang kayak beginian ke Bhima…. Ayooo, kita bisa😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s