Kelas Inspirasi Depok

“Langkah menjadi panutan, Ujar menjadi pengetahuan, Pengalaman menjadi Inspirasi” – kelas inspirasi

Alhamdulillah banget, tanggal 18 Juni 2013 yang lalu, Selasa, si ibuw dapet kesempatan untuk ikutan jadi relawan mengajar di Kelas Inspirasi, sebuah program dari Indonesia Mengajar. Sebelum ngajar, ada waktu briefing dulu di tanggal 8 Juni *yang mana waktu itu si ibuw masih di Jogja krn ada training*, jadinya ga bisa ikutan briefing deh. Ibuw kebagian di kelompok 4, yang akan ngajar di SDN Kramat Beji Depok. Naaah, di tanggal 15 Juni, Sabtu, kelompok si ibuw ini ada observasi dulu deh ke SDN yang bersangkutan. Seneng banget hari sabtu itu, meski si Ibuw sempet nyasar pas janjian di st. Depok, Baru, tapi akhirnya hari itu jadi hari yang berkesan banget.

Kelompok 4 ini diketuai oleh Mba’ Erna, konsultan hrd, trus ada Ajeng yang banker & novelis, Ayu sang geologist, Meylin si arsitek & interior designer, dan ada Sonia asisten dosen teknik kimia. Aselik deh, walow kita b6 ini perempuan semua, ramenya paraahhh, dan rasanya kayak udah kenal lama banget, akrab dan bisa nyambung:) oiya, ada fotografer kelompok kita, Mba’ Gusti namanya, dan sang videografer si Mas Irham. Kelompok ini pun punya fasilitator, namanya Gilang.

Hari H tgl 18 Juni itu moment yang paling ditunggu2 sama kita semua, kenapa? karena itu adalah hari di mana kita sharing tentang apa yang kita kerjakan sehari-hari ke adik2 SD, supaya mereka terinspirasi dengan profesi kita, dan jadi lebih tau dengan pekerjaan yang ada selain polisi – dokter – pilot – guru, dll.

Tantangan paling berat buat si ibuw ini adalah, gimana caranya ngejelasin ke adik2 SD tentang profesi Program Dev. Consultant…gimana caranya ngejelasin ada segmentasi – targeting – positioning, apa itu merek, dll. Tapi Alhamdulillah, kelas berjalan lancar padahal banyak yang nangis di dalam kelas gara2 berantem sama temen2nya  Ada moment dimana si ibuw happy – bingung – ngakak…warna warni yang beda banget dari keseharian yang biasa dijalanin di kantor, warna warni yang kasih makna baru buat si ibuw.

Tadinya si ibuw sempet ngerasa kita ini yang akan memberi inspirasi ke adik2 SD yang kita ajar, tapi ternyata nggak kayak gitu…justru mereka lah yang menginspirasi si ibuw, bahkan temen2 di kelompok 4. Terharu banget waktu kita semua denger celotehan2 dan pertanyaan2 yang polos dari mereka, rasa ingin tahu yang besar, semangat yang keliatan banget pas proses sharing di kelas berjalan.

Kita pun sepakat bahwa di akhir kegiatan, akan nerbangin balon yang merupakan analogi dari cita-cita, yang digantungkan setinggi langit. acara ini seru banget, meski sempet ada insiden kecil berupa rebutan balon di antar murid sd itu, tapi akhirnya berjalan dengan baik, dan seru:)

ini balon yang diterbangin yang menyimbolkan cita-cita

ini balon yang diterbangin yang menyimbolkan cita-cita
photo courtesy of Mba’ Gusti:)

Ibuw jadi inget, gimana waktu ibuw isi form aplikasi untuk jadi relawan di kelas inspirasi ini, apa yang jadi visi ibuw, alasan kenapa si ibuw pengen banget terlibat di aktivitas ini. Tadinya ibuw berpikir bahwa ini untuk ibuw jadikan contoh dan bahan cerita ibuw ke Bhima nanti, betapa gimana pun juga kita memang harus berani bertindak meski hal kecil, menjadi solusi kecil di tengah kekusutan, tapi ternyata….ini bukan tentang Bhima, tapi ini tentang anak2 Bangsa ini, tentang masa depan negeri ini…tentang bagaimana si ibuw mau mengambil peran kecil yang semoga bisa memiliki arti…*duh jadi mau mewek*

hal yang berkesan banget:)

Tapi beneran deh, si ibuw belajar banyak hal banget di Kelas Inspirasi ini, makasih ya Ibu Muhaya, Pak Iskandar, Ibu Wahyu, dan seluruh Bapak Ibu Guru SDN Kramat Beji, karena kita diberi kesempatan untuk belajar banyak hal. Makasih untuk Bapak Ibu guru si ibuw, dari jaman tk – sd – smp – sma dan para dosen kuliah undergraduate – postgraduate….jasamu tiada tara *hymne guru*

Makasih Pak Anies Baswedan dengan Indonesia Mengajar nya, yang udah bikin program ini…yang bikin kita semua, khususnya si ibuw yang jadi lebih melek dengan kondisi yang ada sekarang ini, yang kita ….Think big – start small – act now

Temen2 kelompok 4 smuanyaaa…I heart you so much…. ^_^V

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s