Mohan Sawhney – seminar

Seperti yang udah dijanjikan di postingan 2 hari yang lalu sebelumnya, sekarang giliran sharing tentang seminar yang si Ibuw sempet ikutan tanggal 3 Juli 2012.

Seminar sehari ini menghadirkan pembicara Mohan Sawhney , klo dari yang si ibuw denger2 nih, katanya he’ll be the next Philip Kotler, itu loh the Father of Modern Marketing. Yang jadi bahasannya kali ini adalah tentang inovasi teknologi & pemasaran. Ngerasa beruntung banget bisa ikut acara ini:)

Mohan Sawhney yang pake sorban tuh lg share sesi ke-3

Di sesi pertama si Mohan Sawhney ini (sok akrab bener deh gw) membahas tentang inovasi, nggak cuma ngejelasin tentang apa itu inovasi, tapi juga nge-jabarin 12 vectors of innovation + application of innovation radar. Apa sih 12 vectors of innovation itu? kalo dari yang dijelasin, dan dari yang sepemahaman si ibuw, 12 vector itu terbagi ke dalam 4 kuadran, ini ya jabarannya:

  • Offerings: Product innovation, Platform innovation, Solution innovation
  • Customer: Customer innovation, Communication innovation, Interaction innovation
  • Operations: Process innovation, Value Capture innovation, Management innovation
  • Partnership: Ecosystem innovation, Channel innovation, Supply Chain innovation

Naaah, kalo aplikasi dari innovation radar, sebenernya ada gambar-gambarnya gitu, based on 12 vectors of innovation ini yang udah ada kuadrannya. Jadi kita kayak bikin [dot] [dot] gitu di axis yang dibuat, jadi gambarnya menyerupai jaring laba2 gitu. Sebenernya fungsinya dari innovation radar ini adalah untuk membantu: visualize, align, brainstorm, benchmark & prescribe.

Di sesi kedua, lebih ngebahas tentang new frameworks of marketing, penjelasannya hampir sama deh sama 9 elemen pemasaran-nya Pak Hermawan Kartajaya, tapi ini mungkin versi yang terlihat lebih complicated, padahal menurut ibuw esensinya sama 😀 *please correct me if i’m wrong* :p

Nah berhubung pasar di Indonesia ini mayoritas adalah kelas menengah, makanya di sesi ketiga yang dibahas adalah tentang marketing for emerging market. Sesi ini menurut si ibuw menarik banget, kenapa? karena ada 2 case studies yang dishare, yaitu tentang Tata group di India, & Casa Bahlia di Brazil. Ini bener2 kayak ngasih insight  baru ke si ibuw yang tingkat keilmuannya masih di bawah rata2 :p

Trus, di sesi terakhir kayak mau nge-wrap up semua gitu deh ya, jadi ngebahas tentang collaborate and engage: marketing in a digital world. Overall, sukaa sama seminarnya, walow ngertinya setengah2, at least ada knowledge baru yang didapat kan 😀

Apalagi setiap akhir sesi, ada insight2 juga dari Pak HK, jadilah bahasannya lebih membumi ke bahasa yang si ibuw pahamin.

Mudah2an sharing-annya ini bermanfaat yaaa…moga2 ada seminar kayak beginian lagi, supaya bisa dishare lagi;)

Have a great day everyone!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s