Bhimbhim the explorer

Nggak kreatif banget deh sih Ibu ngasih judul, macam Dora the explorer gitu:p boleh lah ya, kan ini bukan untuk kepentingan komersil, cuma mau sharing gimana Bhimbhim belajar dari setiap hal yang ditemuin hari ini, plusss mengeksplor semuanya:)

Si Ibu pernah ikut seminar seharinya Tony Buzan, itu loh yang punya konsep mind mapping. Waktu itu dia pernah bilang, manusia yang paling kreatif di dunia adalah…anak-anak. Kenapa gitu? Karena emang setiap anak-anak itu pikirannya bebas, nggak terkotak-kotak sama apapun, jadi mereka bisa berkreasi sesukanya, dan nemuin keasyikannya sendiri:) anak-anak pikirannya simple, dan mereka itu adalah jenius sejati:D

Semua anak pasti menganggap semua objek yang dilihatnya adalah menarik…menarik untuk diamati, menarik untuk dimainkan, dan mereka nggak butuh mainan yang mahal-mahal untuk bisa belajar sambil main, karena semua hal bisa jadi sesuatu yang super menyenangkan.

Kayak Bhimbhim hari ini, nemu keranjang baju kotor, dijadiin mainan, dari situ dia bisa belajar konsep: di luar, di dalam, buka – tutup.

20120701-002756.jpg

Abis itu ngeliat kucing, dari situ bisa belajar bagaimana berinteraksi, jadi penyayang, konsep besar – kecil, dan berhitung, karena kebetulan ada beberapa kucing yang diliat.

20120701-002631.jpg

Pas malemnya, Bhimbhim liat air, klo ini sih emang udah tiap hari yaaa, cuma karena kebetulan pas di acara pesta pernikahan gitu, Bhimbhim jadi mulai belajar konsep mandiri, karena ayah ibu nggak ngikutin bener2 dari deket pas dia main air, dan belajar untuk bisa nahan diri dari kemauannya untuk nyemplung ke kolam *ih, berat bener kecil2 udah belajar nahan diri*, tapi ini emang harus extra sabar buat kita ngasih taunya…yang Alhamdulillah tadi Bhimbhim mau nurut:)

20120701-002638.jpg

Emang ya tugas kita jadi orangtua bukan sekedar membesarkan anak & merawatnya, tapi juga menjaga supaya kreativitas anak – daya imajinasinya- dan jiwa bebasnya tetep bisa terus bertumbuh *si ibuw sok iyee benerr deh nulisnya, tapi ini emang salah satu hal yang jadi concern juga*

Intinya kali ya, kita jangan terlalu banyak ngatur atow ngelarang anak, tapi tetep ada batasan-batasannya, karena walow gimanapun juga mereka kan masih anak-anak ya, ada banyak hal yang pengen dikenalnya… Maklum ya, namanya juga lagi belajar jadi orangtua, dan so far hal seperti ini yang kita terapin di rumah, mudah2an fine2 aja ya dengan cara yang begini. Moga2 kita ada di channel yg bener lah….aamiin:)

Advertisements

2 comments

  1. dhira rahman

    Hai!
    Kunjungan balasan nih šŸ™‚
    Salam kenal juga yaa..
    Bhimbhin keren deh pas pake kemeja hihihi… Bener loh anak bisa belajar dari banyak hal disekitarnya, bahkan ya rasanya aku belajar lebih banyak sejak jadi ibu dibanding pas kuliah ahahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s